Jenis-jenis Bahan Katun

Bahan katun memiliki kelebihan yaitu memiliki daya tahan yang kuat dan daya serap yang baik, maka dari itu bahan katun sangat cocok dipakai di Negara yang memiliki iklim tropis. Bahan katun pun banyak macamnya, Berikut adalah jenis-jenis dari bahan katun:

  • Katun Bangkok, katun ini memiliki Tekstur yang sedikit lebih, Lebih tipis dari katun biasa bahkan kadang transparan atau terawang, Biasanya katun Bangkok Dibuat untuk Kemeja atau Blouse
  • Katun Jepang , katun ini memiliki beberapa ciri khusus, yaitu dibagian sisi ujung Bahan terdapat tulisan Japan design  dan terdapat kode warna dari bahan tersebut  mempunyai daya serap keringat yang sangat baik, harga lebih mahal dari katu biasa permukaan bahan lebih halus tidak terlihat mengkilap
  • Katun Rayon, rayon banyak digunakan dalam berbagai aplikasi tekstil, termasuk kemeja dan rok, dan muncul baik dalam bentuk tenun dan rajutan. Kain Rayon sering dianggap sebagai kain yang murah dan tidak nyaman karena sering digunakan dalam pakaian murah. Namun, rayon adalah alternatif, sangat baik untuk mengalungkan sutra dan sering digunakan dalam gaun malam dan pakaian mengalir lainnya. Bahan Katun Rayon ini mempunyai ciri-ciri yaitu tekstur bahannya agak licin, ringan, dan jatuh, adem saat dikenaka,  mudah menyerap keringat , mudah kusut.
  • Katun silk sutera , kain sutera adalah kain yang terbuat dari kepompong ulat sutera, sedangkan katun silk sutera adalah campuran atau kombinasi dari kain sutera dan kain katun. Ciri-ciri dari kain katun silk sutera adalah bahan/kainnya ringan dan teksturnya licin, nyaman digunakan karena halus dan kuat.
  • Katun China, katun China atau katun twill memiliki ciri yang hampir sama dengan katun Jepang, hanya saja katun China atau katun twill lebih tipis dn warnanya kurang kuat. Katun China/katun twill memiliki kwalitas yang lebih rendah daripada katun Jepang.
  • Katun Paris, katun Paris ada 2 macam yakni polos dan motif. Untuk yang polos, hampir sama dengan katun biasa hanya saja lebih tipis dan terawang. Harganya pun lebih murah dari harga katun biasa dan tidak ada kode warna pada kainnya. Untuk katun Paris yang motif hampir sama dengan katun Jepang hanya saja katun Paris motif, lebih tipis dari katun Jepang.
  • Katun minyak, kain/bahan ini sama seperti katun lainnya, perbedaannya terletak pada permukaannya. Permukaan katun minyak terkesan berminyak atau mengkilap, sayangnya kilap katun ini akan berkurang setelah beberapa kali dicuci. Harga katun ini sama dengan harga katun biasa. Katun minyak juga mempunyai daya serap keringat yang cukup baik.
  • Katun silk / India / zada – Katun jenis ini ada 2, yaitu tebal dan tipis. Adapun ciri-ciri dari katun ini adalah permukaannya lebih mengkilap,  harga sedikit lebih mahal dari harga katun biasa tetapi tidak semahal katun Jepang ; mempunyai daya serap keringat paling rendah,  warna kilap awet meskipun sering dicuci.
  • Katun biasa, katun jenis ini mempunyai motif yang beraneka ragam, seperti  polos, garis, kotak, bunga , atau abstrak. Katun biasa tidak mempunyai kode warna seperti pada katun Jepang, mempunyai daya serap keringat yang , warnanya awet meskipun kwakitasnya masih di bawah katun Jepang.

 

 

Jl. Gunung Sahari XI Blok B No. 22 (Ruko Speed Plaza), Jakarta Pusat

Senin s/d Jumat 09.30 - 18.30, Sabtu 09.30 - 16.00 WIB